Girl talks

This nite, I met my friend at the coffee shop, just after we stayed at lab almost a whole day, from in the morning to evening. Yeah, even we are studying in the same institute (but at different lab), but we don’t easily meet each other. We don’t talk everyday. So, for refreshing… we just […]

Meet my father’s student

My father is a science teacher. At university. Of course, I know well about what my father’s doing. Karena ayah saya adalah professor di bidang science, khususnya di biology, sejak kecil saya dikenalkan dengan lingkungan dimana ayah bekerja. Mulai dari lab beliau yang di Jepang, maupun yang di Indonesia. Now, I’m taking the same field… […]

science core style

Di department of biology ini, ada program namanya science core. Ini maksudnya para graduate student melakukan presentasi tentang researchnya tanpa ada sensei. Jadi antar mahasiswa aja gitu, membuat suasana menjadi scientific discussion lah maksudnya ya. Kalo master student sih wajib ikut ini, tapi kalo phd student sebenarnya gak wajib juga sih, creditnya juga gak masuk […]

reading book target

Inilah salah satu keistimewaan lab kami, crystallography. Kami tahu bahwa crystallography adalah cabang ilmu baru, sebenarnya gak baru juga sih… tapi di dunia lagi nge-trend aja. Banyak paper dengan impact factor tinggi yang mempublish functional structure dari crystallography. Karena aplikasinya, bukan hanya kita bisa mengetahui struktur kimia dari protein, RNA, bahkan DNA… tapi kita juga […]

not to cure (yet)

Beberapa hari yang lalu, saya mendengarkan radio (I like to listen radio!). Acaranya seperti biasa, semacam talk show gitu. Dan temanya adalah tentang alzheimer. Jadi radio ini mengundang dokter dari neuroscience untuk membahas tentang penyakit pikun. Dokter neuroscience ini bercerita, “Inilah salah satu alasan mengapa saya belajar tentang neurosciece. Karena saya dari keturunan alzheimer. Benar […]