Saturday life

Seperti biasa, satu hari dalam 2 hari weekend (sabtu-minggu)… saya datang ke lab. Tapi saya berusaha untuk tidak melakukan eksperimen, apalagi eksperimen susah dan butuh konsentrasi tinggi. Biasanya, saya me-review eksperimen saya dan menulisnya dalam ‘diary of experiment’, atau belajar teori-teori. Karena semua buku-buku textbook punya sensei ada di lab, dan publication papers ada di lab juga. Sengaja tidak saya bawa ke rumah, karena saya tidak mau rumah saya ada nuansa-nuansa kerjaan..haha. Macbook buat kerja pun ditinggal di lab.

Sensei juga sering datang ke lab. Dan kadang mr. vampire pun masih di lab sampai jam 7 atau 8 pagi. Entahlah, hari sabtu… saya selalu datang lebih awal dari weekdays. Sebelum operasi, saya sering lari pagi. Kalau sensei datang ke lab, kadang saya juga diskusi dengan beliau. Karena beliau orang sibuk (direktur institute), he sometimes ignore me on weekdays and he will have time on weekend. Before he takes care the plants, we discuss first 2-3 hours in the morning. Begitulah kehidupan sabtu saya di lab so far.

Sometimes on saturday night… mr. vampire will come to the lab also. And sometimes, if I need to learn something from him (about experiment of course), I will wait him. Tapi biasanya saya pulang lebih awal, before evening. Not because have a date. Tapi karena saya butuh ‘me-time’…entah ke coffee shop langganan sampe shop-nya tutup sekitar jam 7:00pm… atau pinjem DVD film dan belanja stok makanan… Atau saya justru bersih-bersih rumah.

But, last saturday… it was different. I was staying at lab because I was waiting fireworks. Kata orang-orang, sabtu ini adalah hari terakhir fireworks di Osaka. Termasuk festival fireworks besar. Pantes banyak orang-orang yang pada pake yukata dan sepertinya mereka menuju ke tempat fireworks. In the evening… sekitar jam 8 malam, saya melihat banyak fireworks kecil silih berganti dan variasinya banyak. Saya melihatnya dari gedung lantai 5, jadi cukuplah untuk melihat fireworks yang jaraknya jauh. Tahun lalu, saya melihatnya dengan junior saya yang sekarang master tahun pertama. Tahun ini saya juga melihatnya dengan junior saya yang lain dan sekarang pun masih master tahun pertama. Rasanya seperti de javu. Melihat moment yang sama, di tahun berbeda.

20130814-150137.jpg  20130814-150206.jpg

See, red spot from far awaaay, it’s fireworks!

Oiya, di langit sebelah barat… saya juga melihat bulan sabit besar tapi warna merah. Bagus. Looks gorgeous. Tapi saya tidak bisa mengambil gambarnya. Bulan yang warnanya merah karena pantulan cahaya merah dari matahari itu, akan terbenam dan disampingnya ada seperti bintang yang bercahaya, dan itu venus! Coba ada mr. vampire… karena dia orang yang selalu tertarik kalo saya tunjukkan benda-benda langit, haha. Winter kemarin, saya tunjukkan orion, aldebaran, jupiter, mars. Saya juga pernah kepergok mozart sensei pas saya tunjukkan komet pada mr. vampire. Dia juga yang melihat koleksi sunset saya. Hampir setiap bulan saya selalu mengambil gambar sunset dari lantai lab kami. Posisi matahari… selalu berganti. Ternyata dia juga selalu mengamatinya. Maka dari itu, dia selalu membuka tirai bench kerjanya untuk liat sunset, dan dia tahu kalau saya juga pengamat sunset. Pernah juga hari sabtu malam… ada schedule akan hujan meteor. Saya bela-belain datang ke lab sampe sekitar jam 1-2 dini hari (?). Ah, I love sky, I love astronomy instead biology.

~ Adrianna

Leave a Reply

