There is a one day

There is a one day… (or needs another day) for study. No experiment at lab, only study, focus on the theory.

Inilah bedanya sekolah di Japan dan di Korea. Di Korea, hampir tidak ada waktu untuk belajar. Setiap hari prof hanya menagih data experiment tanpa kita diberi kesempatan untuk ikut memikirkan research. Ya, sekolah di Jepang dan Korea itu beda sistem. Di Korea kita dapat uang living expense dari uang project research. So… apa boleh buat? It’s like our responsibility to work for the research. Beda dengan Jepang, saya melakukan research not under pressure of the project. What’s going in the research, it depends on me. Dan tentu saja, sensei juga menyerahkan tanggung jawab sepenuhnya termasuk strategi kerja, atau hipotesis, sampai menyimpulkan data-data. Sensei tinggal memberikan pendapat saja, apa yang kita lakukan masuk akal tidak… scientific tidak?

Like today. Actually I’m ordering something and waiting the result. So instead of waiting, I need to study for the next work strategy. Ya, inilah saat dimana belajar bukan lagi sebagai ‘paksaan’…tapi lebih kepada ‘kebutuhan’. Kembali me-review data-data yang telah saya dapatkan, kembali membaca paper-paper dari scientist lain, kembali membaca old text-book untuk mempelajari basic theory-nya. Saya bisa berada seharian berada duduk di desk saya, di depan komputer. Dan tentu saja, kadang membuat saya bosan juga…haha. Kalau bosan, biasanya saya berkunjung ke lab…membuat stock chemical solution yang habis…atau menyiram tanaman sensei, no experiment thinking, just easy experiment.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, jika ingin diskusi dengan sensei, at least kita harus mempunyai konsep research yang mau didiskusikan termasuk hipotesis dan kesimpulan dari data yang didapat. Of course, adu argumen, mempertahan opini dari teori-teori, akan masuk dalam diskusi kami. Dan jika kami sudah kehabisan ide, ataupun saya sudah tidak punya argumen lagi… sensei akan bilang, “Ok, diskusi kita sampai di sini dulu.” Meaning…. I have to study more. Mungkin ini juga salah satu metode sensei mengajari phD student. We know, phD is the highest education. Dan phD memang dipersiapkan untuk menjadi seorang professor suatu saat nanti, atau jadi senior researcher (at least). Bukan sebagai pekerja proyek yang semua kerjaan kita dibawah perintah senior researcher. I mean, kita harus bisa menghadapi masalah research yang dihadapi, harus bisa menyelesaikan, harus memikirkan strategi kerja yang bagus. Itu yang sekarang sedang sensei ajarkan pada saya. Hampir 80% dari diskusi adalah pendapat saya. Karena sensei selalu tanya, “What do you think?” Kecuali jika saya bilang, “I don’t have idea” sensei baru memberikan pendapatnya. Atau option lain, saya malah dikasih text-book dan suruh belajar, haha. Dulu awal-awal jadi phD student tahun pertama, sensei pernah tanya kenapa bisa begini… dan saya jawab tidak tahu. Akhirnya sensei memberi saya homework suruh mencari alasan masuk akal… dan besok diajak diskusi lagi dengan harapan saya sudah mempunyai alasan yang cukup scientific. Haha, berasa interview test kan? But… it’s good. We both learn something, sensei and me. There is always new knowledge we can get.

Bukan saya saja yang mengalami ‘just-one-day’ without experiment ini. Sensei yang lain (seperti mozart sensei) juga mengalami hal yang sama. Ada saat dimana beliau hanya berada di dalam ruangannya, ada juga saat beliau experiment dari pagi-pagi sampai malam plus weekend work. Dan saat ini, sensei berada di ruangannya tanpa melakukan eksperimen, just like me. From yesterday actually, after long discussion with mr. vampire.

You know what, thinking is also important. No matter how many we did experiment, sometimes… we need to think, and it needs time. Just, we need one day for learning without experiment. Not only just one day, but it can be more.

~ Adrianna

Leave a Reply

