Another heaven

Minggu lalu, teman saya mengajak saya berlibur ke tempat sightseeing terkenal di Jepang, amanohashidate. Katanya sih, itu tempat the best 3 sightseeing di Jepang. Tempatnya masih di area Kyoto, jadi kalo dari Osaka sekitar 3 jam pake mobil. Kami nyewa mobil karena kami pergi ber7 dan foreigner semua.. 2 korea, 3 hungary, 2 indonesian termasuk saya.

20130715-133937.jpg

Amano dalam bahasa Jepang artinya heaven, hashi artinya bridge. Jadi artinya seperti jembatan menuju ke surga. Tempatnya memang bagus. Ada daratan yang membelah teluk. Itu asli dari alam, bukan buatanan manusia.

Di Amanohasidate, saya akhirnya mengenal teman dari Hungary. Meski kami berada dalam satu institute kami belum pernah bertegur sapa, dan besok paginya dia harus balik ke Hungary. Namanya Eva. Dia datang ke sini dalam rangka visiting. Professor dia dulu pernah postdoc di lab sebelah, dan sekarang dia jadi salah satu prof di budapest. Prof hungary tersebut dan lab sebelah ada kontrak kerjasama.. jadi Eva pun bisa berkunjung ke Osaka, cuma 2 minggu.

Ngomong-ngomong soal prof hungary tersebut.. he has daughter, and she is a high school student. Dia juga ikut ke Amanohashidate. The daughter, she’s good at japanese, ngomongnya pera-pera (=fluently). Katanya mending ngomong japanese daripada english, haha. Dia katanya pernah sekolah yoichien (=kindergarten) di Jepang selama ayahnya postdoc dulu. They really remind me about my father and me. I spent my childhood in Japan for 5 years. Saya juga sempat sekolah di yoichien. Bedanya, setelah kembali ke Indonesia, saya lupa bahasa Jepang. Alasan okasan (=ibu) saya waktu itu sih takut kalau saya tidak punya teman karena sudah memasuki elementary school. Jadi dulu okasan selalu mengajak saya berbicara bahasa Indonesia. Another thing, anak prof Hungary ini juga ada ketertarikan dengan science. Sepertinya sih dia akan menjadi prof seperti ayahnya, scientist family, hehe. Seperti saya yang mengambil profesi scientist, seperti ayah saya.

20130715-134137.jpg

Anyway, back to Eva. Selama kami menghabiskan waktu di Amanohashidate, Eva dan saya berbicara banyak hal. Eva adalah mahasiswa 1st year phD student dan dia masih umur 25 (karena di Hungary, masa yang ditempuh untuk undergrade cuma 3 tahun), bidangnya adalah biochemistry. She likes Italy. She obsesses to visit to Italy and she learned Italian (sama dengan saya). Percaya tidak, dulu saya juga sempat belajar bahasa Italia! Dia belum pernah ke Italy meski tinggal di Europe, karena memang mahal katanya. Dan karena kami masih student. Student always has less money, haha.

Then… she loves coffee. No, she is an addicted. Katanya coffee di Japan efeknya tidak begitu ‘strong’, and actually she likes espresso. Oh, now I believe that she is coffee addict. Dia bercerita kalau di Europe, the coffee has a strong effect, particularly Italian coffee. We talked a lot about coffee things. We have the same feeling about coffee. Ah, coba saya mengenal dia lebih awal, saya akan mengajak dia ke coffee shop langganan (the real coffee shop dekat rumah)… atau ke starbucks yang ada di dalam kampus (unfortunately, she didn’t know that).

Dia juga suka pantai. Dia bilang, di Hungary tidak ada pantai. Jadi kalau ingin ke pantai, dia harus ke Amsterdam dan ini kedua kalinya dia mengunjungi pantai. Diam-diam saya memperhatikan dia saat kami mengunjungi pantai. Professornya dan anak professor asik berenang di pantai, sedangkan dia mengambil ipod-nya dan mendengarkan lagu-lagu playlistnya sambil berjalan menyusuri pantai. Setelahnya, saya menegurnya… “Did you get ‘the feeling’? Melancholic feeling?” Dia tertawa, dan menjawab, “Yes, I got the feeling.”

Just 1 day. I make friend with hers. And the end of the day, kami bertukar alamat e-mail dan alamat rumah karena akan saling mengirim postcard. Dan dia menitipkan sebungkus cokelat hungary lewat professornya pada saya. Jadi sewaktu saya kerja di lab, professor Hungary tiba-tiba menemui saya dan bilang, “It’s from hers.”

20130715-134215.jpg

~ Adrianna

 

 

 

Leave a Reply

