Scientist feeling

Di RS ini, saya dibawah pengamatan 2 dokter. 1 dokter yang bertanggung jawab atas saya, 1 dokter adalah surgeon.

Surgeon saya itu… I think he has a lot of experiences. Dan dia sudah mempunyai ‘feeling’ dengan pekerjaannya. I can feel that. Lalu dokter yang satunya, sepertinya masih dokter baru. Kayaknya sih sepantaran dengan saya. Baru lulus phd atau masih ambil phd. He knows well the theory, but he still doesn’t have the feeling like I said before. So do I, I still don’t have the scientist feeling. Just a little I’ve learned..and still need more to learn, step by step. I know the theory, but ‘the feeling’…sometimes it comes, sometimes not…haha. My point is, saya masih melakukan research, atau menjadi scientist, hanya berdasar teori dan analisis dari pengalaman yang pernah saya alami. Pandangan saya pada suatu masalah masih sempit, belum bisa meluas. Belum bisa mempertimbangkan dari segi yang jauh, seperti prof saya. Maka dari itu, jika saya diskusi dengan sensei, dan saya sudah kehabisan ide, sensei sering bilang, “kamu itu phd student, jadi alasan yang kamu berikan harus scientific reason”. Meskipun sebelum diskusi saya sudah belajar sebelumnya, kadang saya sudah tidak bisa mendebat atau merespon diskusi kami.

Scientific thinking, itu yang selalu sensei bilang pada saya. Ya, scientific thinking dapat mengasah kemampuan scientist feeling. Scientist feeling akan sangat berguna jika kita menemukan suatu masalah yang harus diselesaikan dalam waktu singkat dan semuanya di luar dari teori. Hanya feeling kita yang dapat diandalkan. I’m still learning how to get that feeling. Phd course ini…adalah saat pembelajaran untuk mengenal scientist feeling.

~Adrianna

Leave a Reply

