Catatan Menyambut Musim Panas

Sejak kemarin, Fukuoka diguyur hujan. Kabar dari berita sih, memang minggu ini sudah masuk ke musim hujan. Pakaian bakalan lama mengering, dan tentunya berpotensi meninggalkan bau yang kurang sedap jika terlalu lama basah. Halah. Saya tidak mengerti apa yang akan saya tulis ini.

Musim hujan ini akan menjadi pembuka masuknya musim panas di Fukuoka. Tidak terasa, setelah tiga musim terlewati, maka akan kembali lagi ke musim panas. Orang-orang akan memakai pakaian yang sebisa mungkin menyerap keringat dan tidak mengakibatkan keringat bercucuran. Teringat pertanyaan host family saya di musim dingin Desember kemarin, “Apakah di musim panas nanti kamu juga akan mengenakan penutup kepala dan memakai pakaian tertutup?” Sambil tersenyum saya menjawab, “Tentu. Tidak ada bedanya. Mungkin kalau musim panas lebih colorful saja.” Bagi saya sih kalau panas, ya jangan pakai pakaian yang berwarna gelap. Makin hot!

Nah, jika musim panas datang, maka resmilah setahun saya mengenal Fukuoka. Mengenal atmosfer kota ini, mengenal jalanan yang dulu sangat asing bagi saya, dan menghitung jejak langkah yang masih tertinggal di musim panas tahun kemarin. Eeeeaa! Banyak hal yang telah terjadi, entah itu pengalaman, cerita, dan mungkin kisah-kisah yang tertunda untuk dilanjutkan. Saya mencintai musim panas, karena semua berawal di sana. Tapi, saya lebih mencintai musim gugur, karena di sana lah semua cerita dirajut kembali, semua cerita disimpan dan sedikit demi sedikit ditulis kembali. Bagi saya, musim gugur semacam kehidupan baru bersama hati yang telah disepakati akan seperti ini hingga kelak menjadi sebuah hunian yang kokoh.

Image

@ Ohashi Campus

Bagi sebagian orang, setiap musim akan berlalu begitu saja. Tapi bagi saya, seorang pecinta musim gugur, setiap musim seperti pita yang akan diurai, dibentangkan, dibentuk, dan akhinya akan membentuk sebuah simpul yang indah.

cheers,

-autumn-

Leave a Reply

