After the rain

Pernahkah anda merasa bangun di pagi hari dengan kondisi mood yang datar…dan terbersit keinginan, “I just…don’t want to go…outside.” Yeah, itulah kondisi saya pagi tadi. Apalagi pagi ini hujan lumayan lebat. Rasanya malas sekali pergi ke lab, dan karena kondisi mood seperti itu…hari ini saya datang agak telat. Biasanya jam 8:30 atau paling siang jam 9 pagi sudah di lab. Tapi kali ini jam 9:40 pagi baru nyampe lab. Dan sensei (assisten prof) di lab sudah membuka pintu. Biasanya, saya adalah orang pertama datang ke lab dan menjadi kebiasaan saya membuka pintu lab tiap pagi. Jadi orang-orang yang datang ke lab tidak perlu memakai kartu untuk masuk lab.

Hari ini…saya tidak terlalu banyak experiment. Tapi hari ini saya harus diskusi dengan senior di lab crystal dan sensei di lab biokimia. Dan itu artinya, saya harus menyiapkan mental untuk diskusi dan debat, terutama sama sensei. Jadi sebelumnya saya harus belajar…dan baru setelahnya saya bisa diskusi. Kalo gak belajar, bakal ketauan karena kalau diajak debat pasti gak bisa melakukan defense..haha.

Saya belajar di Jepang sekarang ini, berasa punya 2 lab. Lab crystal adalah lab saya literally. Supervisor saya yang aseli ada di lab crystal. Tapi sensei di lab biokimia inilah yang merekomendasikan saya supaya bisa sekolah di Jepang dan topik yang saya ambil pun dari sensei yang di lab biokimia. Jadi ceritanya, untuk preparation sample, saya kerja di lab biokimia… dan untuk membuat crystal-nya baru saya ke lab crystal. Tapi sampai saat ini…dan sudah setahun research saya stuck di tahap paling awal. Preparation itu. Orang-orang dari lab crystal pun sering berkomentar untuk meng-construct ulang sample saya. Artinya, mulai dari yang benar-benar awal. Tapi sensei di lab biokimia kurang setuju dengan kerjaan “benar-benar memulai dari awal”. And I’m the middle part of it… *sigh. That’s make me exhausted sometimes. I just want crystal, that’s it. Then I can graduate.

Seperti biasa, setiap hari saya bolak-balik ke lab crystal dan lab biokimia. Karena saya belum pada tahap membuat crystal, maka saya lebih sering menghabiskan hari-hari saya di lab biokimia. Jadi orang-orang menganggap, I’m part of their member, hehe. Dan lab crystal saya sangat paham dengan kondisi saya. Yah, lepas dari masalah research.. sensei di lab biokimia adalah sensei paling senior dan jadi direktur di tanpaku-ken, hohoho. And.. he is (too) responsible with my research. He knows every single of my research. So, my way of thinking and my method skill… so far.. be affected by him. But, I’m fine. I don’t have problem with this circumstance. I tried to enjoy… and now I’m enjoying. Really. In my mind, I’m just thinking about crystal. I want a crystal.

Hari ini, sejak pagi sampai sore…sengaja menghabiskan waktu saya di lab crystal. Sekalian belajar ke senpai (=senior) gimana cara bikin construct baru. Awalnya sih dapet panggilan dari sekretaris lab karena ada beberapa dokumen yang harus saya sign berkaitan dengan applying research assistant untuk semester depan. Dan sore harinya, saya harus balik ke lab biokimia karena harus diskusi dengan sensei tentang, “what should I do the next experiment? what idea could give improvement from this research.” Yeah, diskusi kali ini lebih banyak diem-nya. Mikir. Such, we don’t have idea anymore. So do I, I don’t have idea.. my idea is just construct a thing. Tapi sensei bertahan dengan pendapat… memperbaiki method lama. Kami berdua hanya bisa bertahan dengan pendapat masing-masing tanpa memberikan pendapat deduktif, yang memberikan solusi.

Akhirnya… kami punya ide, sensei sih yang punya ide. Sementara ini, masih pakai memperbaiki metode lama. Sensei menemukan ide yang dapat improve experiment ini. Of course, saya ikutan senang. At least, we won’t give up. Yeah, I’m afraid if giving up is coming suddenly. Give up… is such kind of dying. I won’t give up. Never.

Akhirnya hujan pun berhenti, tetapi langit masih dihiasi dengan mendung. That’s alright. After the rain… my smiling is coming. Coming with new spirit. And… Mr. Vampire also looks happy?
“Yes, because of this! Magnetic-ku kembali..! Haha.” Katanya sambil masih tersenyum.
You know what, his happy face…looks cute, haha. Bayangin aja, yang setiap harinya tampang cool, eh-sekarang wajahnya ceraaah banget. Seperti anak kecil dapat mainan baru, yeah like that.

Ups!
Tuh, kaan…gara-gara keasikan lihat ekspresi Mr. Vampire… jadi lupa pake gloves pas cuci-cuci gelas beker. Perhaps, I’ve got detergent alergy, so I should adapt to wear gloves. You know what, I don’t like to wear gloves when I have experiment anyway. Saya ga suka baunya inside-gloves. Cuma terpaksa doang pake-nya. Ato pake jas lab. Saya juga biasanya kalo experiment ga pake jas lab. Karena kemeja kotak-kotak kena cipratan noda sodium hypocloride dan tidak bisa hilang…akhirnya saya pun terpaksa pakai jas lab pada waktu-waktu tertentu (waktu dimana experiment akan beresiko merusak baju).

20130501-000207.jpg

Yeah, saya mulai “care” dengan hal pribadi berkaitan dengan kehidupan di lab. Seperti tidak akan membiarkan tangan saya rusak karena detergent..dan tidak akan membiarkan baju saya rusak karena bahan-bahan kimia di lab. Atau seperti saat ini, saya pulang lebih awal dari biasanya karena saya harus tidur lebih awal. Besok pagi, rencananya pengen mulai lari pagi. I need exercise, to refresh mind. Dulu.. saya main basket, dan sempet ikutan kelas yoga di Korea. Tapi selama di Japan, I never do exercise exept walking..haha. Sekarang, nafas saya jadi pendek dan pikiran jadi kurang fresh meski sudah refreshing nonton pilem, hehe. Dan konsekuensinya, kalo uda mulai membiasakan exercise, pola makan juga harus diatur. Enough with living semau-gue seperti pas di Korea dulu. Kerja sampe overnight, kalo mid-night laper..cuek aja makan berlemak atau minum coke. Enough. Let’s make a healthy life!

~ Adrianna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s